Saturday, December 11, 2010

Keputusan Kontroversial Wasit di Piala Dunia 2010

BeritaSepakBola. Keputusan kontroversial wasit kerap kali mewarnai perhelatan akbar Piala Dunia. Pecandu sepak bola seantero dunia belum lupa dengan kejadian pengesahan gol penyerang Inggris, Geoff Hurst, ke gawang Jerman yang belum melewati garis pembatas pada final Piala Dunia 1966. Demikian pula gol “Tangan Tuhan” Diego Maradona ke gawang Inggris pada perempat final Piala Dunia 1986.

Kontroversi tak mereda hingga kini, pada perhelatan Piala Dunia 2010, sejumlah blunder keputusan dilakukan wasit, diantaranya saat laga:

  1. Australia vs Serbia 2-1
    Saat Australia unggul 2-1, Serbia memiliki kesemptan menyamakan kedudukan saat gelandang Australia, Tim Cahill melakukan handsball di kotak penalti. Sayang wasit Jorge Larrionda tak memberikan hadiah penalti bagi skuad asuhan Radomir Antic. Jika skor imbang, Serbia lolos ke babak 16 besar. (Lihat: Video pertandingan Australia vs Serbia)
  2. AS vs Slovenia 2-2
    Coulibaly, wasit asal Mali, membuat keputusan kontroversial ketika Amerika Serikat mendapat gol ketiga yang dicetak Maurice Edu. Dia menyatakan ada pelanggaran di dalam kotak penalti, tetapi tidak bisa mengidentifikasi pemain AS mana yang melakukan pelanggaran tersebut ketika gol harus dianulir. (Lihat:Video pertandingan AS vs Slovenia).
  3. Jerman vs Inggris 4-1
    Saat Inggris tertinggal 1-2, Frank Lampard pada menit 38 melakukan tembakan keras dari luar kotak penalti. Tendangan yang sempat membentur tiang atas terlihat jelas masuk ke dalam gawang Jerman, tapi wasit Jorge Larrionda tak mengesahkan. (Lihat: Video pertandingan Jerman vs Inggris).
  4. AS vs Aljazair 1-0
    Pada menit 20, Herculez Gomez melakukan tendangan keras di dalam kotak penalti Aljazair. Kiper lawan M’Bolhi sanggup menahannya, tapi bola muntah diumpan Gomez kearah Clint Dempsey yang dianggap off-sides. Padahal, lewat tayangan ulang terlihat Dempsey dalam posisi aman. (Lihat: Video pertandingan AS vs Aljazair)
  5. Argentina vs Meksiko 3-1
    Gol pembuka Argentina yang dicetak Carlos Tevez mengundang protes keras kubu Meksiko. Dalam replay video pertandingan posisi striker klub Manchester City tersebut dalam posisi off-sides saat menyongsong umpan Lionel Messi. (Lihat: Video pertandingan Argentina vs Meksiko).

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Monggo dikomen gan! Blog ini Dofollow!